Trifosa, Florence (2021) TANTANGAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI ERA DIGITAL PADA ANAK-ANAK DI KOTA SEMARANG. Artikel Jurnal HITS. pp. 1-16.

[img] Text
TANTANGAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI ERA DIGITAL PADA ANAK-ANAK DI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (479kB)

Abstract

ABSTRACT. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tantangan yang dihadapi oleh Guru Sekolah Minggu (GSM) dalam mengajarkan Pendidikan Agama Kristen (PAK) di era digital. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Sampel penelitian adalah kelompok GSM yang ada di Kota Semarang dan sekitarnya. Sampel dilakukan dengan metode Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara digital melalui Google Form dengan memperoleh hasil 64 respon dari 230 orang dari total populasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tantangan terbesar yang dihadapi oleh GSM dalam mengajarkan PAK di era digital ini adalah ketika menghadapi anak yang sulit, selanjutnya akan dibahas lebih pada bagian hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini sebagai referensi bagi GSM di kota Semarang dan sekitarnya, maupun orang-orang percaya yang memiliki kerinduan untuk melayani maupun yang sudah melayani di komisi anak serta para orang tua dan guru sebagai pendidik PAK. Ada lima solusi yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini terhadap tantangan yang akan dijelaskan lebih ranci di bagian saran. Keywords: Tantangan GSM, Pendidikan Agama Kristen, Era Digital

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity

B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology

Pendidikan Agama Kristen
Divisions: Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Shesy Satir
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:17
Last Modified: 12 Dec 2022 03:23
URI: http://eprint.hits.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item