Sugiarta, Agus (2020) BUDAYA TRANSFORMASIONAL PERUSAHAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI INDONESIA. Doctoral thesis, Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR ISI_AGUS SUGIARTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_AGUS SUGIARTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_AGUS SUGIART.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_AGUS SUGIARTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_AGUS SUGIARTA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_AGUS SUGIARTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mempelajari “Budaya Transformasional Perusahaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia” dengan menggunakan metode eksplanatori. Penelitian budaya perusahaan secara umum sudah banyak dilakukan namun secara spesifik masih terbatas dan belum banyak dilakukan di ruang lingkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia khususnya terkait dengan kepemimpinan transformasional yang berlandaskan pemahaman teologis. Penelitian ini bermaksud untuk melihat kecenderungan proses mekanisme perubahan budaya perusahaan di Indonesia dengan memperkenalkan budaya transformasional khususnya pada perusahaan UMKM di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang kaya. Impelementasi budaya transformasional memiliki banyak tantangan untuk dapat dilakukan dengan baik. Perusahaan diharapkan dapat memiliki arah dan makna baru tanpa terintimidasi dan kehilangan identitasnya terutama dalam menghadapai fenomena era disrupsi saat ini dengan pesatnya kemajuan teknologi serta krisis pandemic yang terjadi. Proses perubahan yang terjadi dalam budaya transformasional kiranya dapat tetap berkembang baik dan dapat terhindar dari akibat negatif yang mungkin timbul oleh suatu perubahan. Suatu perusahaan yang tidak dapat mengelola kesempatan dan ancaman yang disebabkan oleh perubahan tentunya akan terhambat bahkan mungkin saja kelangsungan perusahaan tersebut terancam dalam persaingan global yang semakin ketat di masa mendatang. Penelitian ini melihat pentingnya budaya transformasional perusahaan khususnya UMKM di Indonesia bahwa budaya transformasional sangat berperan dalam implementasi strategi sehingga penting untuk menekankan bahwa strategi perusahaan dan budaya transformasional dapat berjalan secara konsisten untuk memastikan keberhasilan di dalam proses perubahan yang terjadi. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Kecenderungan Budaya Transformasional Perusahaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia adalah kadang kadang diimplementasikan, (2) Indikator yang paling dominan dalam membentuk Budaya Transformasional Perusahaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia adalah indikator Asuh yang didukung oleh indikator Berprestasi, (3) Variabel moderator yang paling berpengaruh terhadap Budaya Transformasional Perusahaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia adalah lama usaha. Untuk itu kami menyarankan strategi asuh dan strategi berprestasi dalam mendorong terwujudnya Budaya Transformasional Perusahaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Terima kasih. Kata kunci : Budaya, Transformasional, UMKM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Theology
Divisions: Pascasarjana > S3
Depositing User: Shesy Satir
Date Deposited: 21 May 2024 07:20
Last Modified: 21 May 2024 07:20
URI: http://eprint.hits.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item